Selasa, 23 Mei 2017
Halaman Utama Berita Agenda Kontak Kami Buku Tamu Ke Domain Utama English Version
Tujuan Wisata
Satuan Kawasan Wisata
Peta Wisata
Objek Wisata
Usaha Wisata
Hotel
Restoran
Bumi Perkemahan
Hiburan Umum & Wisata Belanja
Jasa Wisata
Aneka Dokumen
Rekapitulasi
Kunjungan Wisata
PAD Parsenibud
Seni Budaya
Seni Tradisional
Temuan Arkeologi
Bangunan Bersejarah
Cagar Budaya
Benda Pusaka
Upacara Adat
Pemukiman Tradisional
Naskah Kuno
Cerita Rakyat
Permainan Rakyat
Peristiwa Sejarah
Tokoh Sejarah
Organisasi Parsenibud
Disparbud
Organisasi Pariwisata
Organisasi Seni Budaya
Rupa - Rupa
Even
Agenda
Berita
Buku Tamu
 
Direktori
Peta Kota Garut
Peta Kecamatan
Produk Khas
Makanan Khas
Cindera Mata
 
Bangunan_Bersejarah - SDN Regol VII dan X
(dibaca : 16613 kali)
Kecamatan : Garut Kota
 
Bangunan SD Negeri Regol VII dan X dibangun pada tahun 1912 berfungsi sebagai sekolah Kautamaan Isteri didirikan oleh Rd. Ayu Lasminingrat (istri Bupati arut R.A.A Wiratanudatar VIII) yang disahkan oleh gubernur Jenderal Belanda denagn akte nomor : 12 Febuari 1913 disebut ?Vereeneging Kautamaan Isteri Shoolen? (organisasi Sekolah Kautamaan Isteri). Sebenarnya kurang lebih dua tahun setelah Rd. Dewi Sartika mendirikan ?Sakola Isteri? (1905) di Bandung, maka pada tahun 1907 Rd. Ayu Lasminingrat membuka sekolah yang sama di Garut dengan mengambil tempat ruang gamelan kabupaten.
Pada masa kependudukan Jepang, sekolah Kautamaan Isteri berubah menjadi Sekolah Rakyat, dimana murid-muridnya tidak hanya wanita. Sedangkan sejak tahun 1950 menjadi Sekolah Dasar Negeri Ranggalawe I dam IV yang dikelola oleh dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Pada tahun 1990-an berubah lagi menjadi SDN Rgol VII dan X hingga sekarang.

Bangunan SDN Regol VII dan X ini merupakan bangunan sudut kota Garut yang teretak di persimpangan jalan Kansantang dan Ranggalawe. Arah muka bangunan menghadap ke Selatan dengan areal bangunan sebelah Timur dibatasi oleh rumah penduduk, di sebelah selatan dibatasi oleh jalan Ranggalawe, di sebelah Barat dibatasi oleh jalan Kiansantang dan di sebelah Utara dibatasi oleh bangunan Kantor Pemerintahan. Keletakan fisik bangunan terawat dengan baik.
 Ke halaman sebelumnya

Best view with
Microsoft
Internet Explorer at
1024 by 768 pixels